Apa Perbedaan Brosur & Flyer?

Brosur dan flyer keduanya merupakan kebutuhan cetak promosi berupa kertas. Kedua produk ini seringkali tertukar dan dianggap serupa oleh masyarakat pada umumnya.

Lantas, apa perbedaan brosur dan flyer?

  • Brosur
    Menurut KBBI, brosur adalah cetakan yang terdiri dari beberapa halaman, berisi keterangan singkat mengenai produk, perusahaan atau organisasi. Brosur adalah media promosi cetak yang informatif dan enak dibaca. Brosur biasanya dicetak pada kedua sisi, pada kertas ukuran A5 atau lebih besar. Ia memiliki lipatan dan bisa dilipat menjadi 2 sampai 3 bagian dan memiliki ukuran yang beragam. Brosur biasanya dicetak pada kertas yang tebal dan berkualitas. Karena itu, biaya pembuatan brosur biasanya lebih mahal dibandingkan dengan biaya pembuatan flyer.

Fungsi brosur adalah media iklan yang berisi informasi yang detail mengenai produk ataupun perusahaan dan dikatakan lebih efektif karena bisa memberikan berbagai macam informasi.

  • Flyer
    Flyer disebut juga sebagai selebaran. Flyer biasanya hanya dicetak di satu sisi, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk dicetak di dua sisi. Flyer memiliki fungsi yang sama dengan brosur yaitu menyampaikan informasi dan menjadi media promosi. Perbedaan dengan brosur adalah ukurannya lebih kecil, berkisar dari A5 atau A6. Ukurannya yang kecil memungkinkan flyer untuk dicetak dalam jumlah yang lebih banyak. Karena ukurannya kecil, maka perlu desain dan tulisan yang menarik untuk mendapat perhatian konsumen. Informasi yang disampaikan juga lebih sedikit dibandingkan dengan brosur. Karena itu, informasi yang diberikan juga harus dipilah pilih agar bisa tetap tersampaikan dengan baik walaupun dengan jumlah kalimat yang terbatas.

Jadi, perbedaan antara brosur dan flyer ada pada ukuran, fungsi, harga, dan jenis informasi yang disampaikan pada kedua benda cetak tersebut.

Biaya untuk membuat flyer biasanya lebih murah dibandingkan dengan mencetak brosur karena menggunakan kertas yang lebih tipis dan biasanya hanya dicetak di satu sisi, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk dicetak di dua sisi.

Nah, setelah Anda mengetahui perbedaan antara brosur dan flyer, Anda bisa mencetak yang mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mencetak di brosur & flyer tidak perlu repot-repot harus pergi ke kantor kami karena semuanya bisa dilakukan secara online. Tunggu apa lagi, cetak brosur dan flyer mudah dan murah di SCMAdvertising!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *