Cara Mendesain Papan Nama Secara Efektif Untuk Tempat Usaha Baru

Untuk anda yang ingin membuka usaha sendiri dengan kantor di area perkotaan, tentunya ada berbagai hal yang harus diperhatikan. Memiliki kantor usaha bukan sekedar tempat bekerja anda dan karyawan, namun juga tempat pertemuan dengan klien. Maka dari itu, teknik pemasaran juga penting untuk anda terapkan. Salah satu teknik pemasaran dalam desain sebuah kantor adalah papan nama.
Dalam mendesain papan nama, tentunya tidak bisa sembarangan. Papan nama adalah salah satu cara pengunjung mengenali usaha anda dan menarik perhatian orang awam. Semakin menarik papan nama maka pembaca juga akan tertarik mengunjungi atau terngiang di ingatan. Desain papan nama ini sendiri harus efektif dan efisien karena merupakan bagian dari pemasaran usaha anda. Maka dari itu, ikuti langkah mendesain papan nama berikut ini.

  1. Ukuran papan nama
    Sebelum mendesain papan nama, hal pertama yang harus diketahui adalah ukuran papan nama. Tentunya anda harus mengerti besaran papan namanya karena akan mempengaruhi isi dan gambar di dalamnya. Selain desain, ukuran papan nama dan isinya harus disesuaikan dengan peraturan daerah yang ada. Jika memang papan nama tersebut untuk usaha komersial tentu akan sangat berpengaruh jika ukurannya besar namun pertimbangkan budget juga ya!
  2. Lokasi papan nama
    Letak dari papan nama juga mempengaruhi desain yang akan dirancang. Apakah papan nama lebih menghadap ke dua arah di jalan atau malah berada di bagian depan bangunan. Meskipun desainnya bisa saja sama, akan tetapi finishingnya dapat berbeda.
  3. Layout yang simple dan mudah dilihat
    LESS IS MORE. Semakin simple desain maka akan menyampaikan pesan secara efektif. Ditambah lagi layout yang tidak ribet akan memudahkan maksud dari tulisan tersampaikan dalam waktu hitungan detik. Jika ingin menuliskan informasi di dalam papan nama, tuliskan sesingkat mungkin dengan tampilan layout yang mudah dimengerti.
  4. Background yang simple
    Penggunaan background akan mempengaruhi berbagai hal pada elemen. Jika background cukup simple, maka tidak akan mengganggu tampilan gambar, logo, ataupun tulisan di papan. Namun jangan juga background terlalu kosong karena akan membuat papan nama terasa sepi sehingga tidak menarik di mata pembacanya.
  5. Teks dan huruf yang digunakan
    Huruf yang digunakan di papan nama, selain mudah dibaca tentunya juga eye-catching. Jangan gunakan format tulisan yang terlalu formal jika tidak sesuai dengan usaha yang dikerjakan. Tidak hanya jenis huruf yang harus diperhatikan, namun juga berbagai hal lain seperti ketebalan huruf, warna, kemiringan, ataupun huruf besar dan kecil.
  6. Kekontrasan warna pada desain
    Semakin kontras sebuah tulisan dengan backgroundnya, maka akan semakin mudah dilihat. Kombinasi berbagai warna harus diperhatikan karena tidak semua warna bagus jika saling dikombinasikan.
  7. Gambar pada papan nama
    Menggunakan sebuah gambar dalam sebuah papan nama juga akan membuat mata pembaca tertuju pada papan. Tentunya gambar tersebut juga harus mencerminkan identitas perusahaan anda. Tidak hanya gambar saja, pemberian batas pada sekitar papan nama juga membantu orang lebih fokus melihat ke papan.
  8. Gambar logo seimbang di papan
    Papan nama yang memasukkan logo perusahaan didesainnya tentu harus seimbang dengan berbagai elemen lain di dalam papan namanya. Logo tidak perlu terlalu besar atau juga tidak terlalu kecil. Antara gambar yang dipasang dengan logo jangan sampai bertabrakan sehingga tidak jelas atau tidak tersampaikan maknanya pada pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *