Jenis Kertas Untuk Membuat Kartu Nama

jenis kertas untuk membuat kartu nama

Kartu nama memiliki fungsi yang cukup penting khususnya bagi anda yang bergerak di dunia bisnis. Kartu nama bisa menjadi sumber pencitraan bagi anda dan bisnis yang sedang anda bangun. Oleh karena itu anda harus membuat kartu nama dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kesan yang ingin ditimbulkan oleh pemilik kartu nama kepada setiap orang yang membacanya.

Selain desain yang bagus, bahan dari kartu nama juga menentukan kesan yang ciptakan dari kartu nama tersebut. Oleh karena itu, mari kita simak dengan seksama pembahasan di bawah ini dan tentukan jenis bahan kartu nama yang tepat untuk anda.

Jenis Bahan Kartu Nama

  • Art Paper
    Art Paper memiliki permukaann yang licin, halus, dan mengkilap (glossy). Ketebalannya cukup beragam, mulai dari 85 gr hingga 150 gr. Permukaan art paper yang dilapisi (coated) membuat art paper tidak mudah menyerap cairan. Oleh karenanya jika dikenai tinta pulpen, tinta akan lambat mengering sehingga dapat mengotori kartu nama.
  • Art Carton
    Art Carton memiliki ketebalan 190 gr, 210gr, 230 gr, 260 gr, 310 gr, 350 gr, 400 gr. Karakteristiknya hampir mirip dengan art paper, namun art carton lebih tebal. Berat ini tergolong cukup tebal untuk kartu nama. Sama seperti art paper, permukaan art cartoon cukup licin dan mengkilat sehingga membuat kartu nama agak sulit untuk ditulisi dengan pulpen.
  • Blues White (BW)
    Blues white atau yang lebih akrab disebut BW merupakan jenis kertas yang halus namun tidak dilapisi seperti art paper dan art carton. Blues white mirip dengan kertas manila, tidak mengkilat, kaku, tetapi dapat ditulisi. Blues white hanya bisa dicetak satu sisi.
  • Mohawk Option
    Mohawk option merupakan bahan impor dengan ketebalan 104 gr, 118 gr, 176 gr, 216 gr, dan 243 gr. Uniknya, bahan ini merupakan bahan daur ulang dari kertas-kertas bekas. Jenis kertas ini tidak dilapisi (uncoated) dan memiliki permukaan yang sangat halus. Hal ini membuat mohawk option memiliki daya serap tinta yang tinggi. Hasil cetak menggunakan kertas ini sangat bagus, karena itu bahan ini sangat digemari oleh orang-orang yang bergerak dalam bidang desain grafis. Jenis bahan ini dapat dicetak 2 sisi.
  • Linen Jepang
    Linen jepang merupakan kertas lokal. Bahan ini biasanya digunakan untuk pembuatan piagam. Kertas linen memiliki warna putih dengan tekstur bergaris. Bahan ini sangat cocok untuk anda yang ingin membuat kartu nama bagi perusahaan anda. Sebab, bahan ini memberi kesan eksklusif namun tidak berlebihan.
  • Linen Holland
    Linen Holland merupakan kertas impor. Pada dasarnya linen holland mirip dengan linen jepang namun warna linen holland lebih putih dan sedikit lebih tebal. Teksturnya pun sama dengan linen jepang yaitu terdapat garis-garis berwarna putih, namun tekstur ini lebih jelas terlihat pada linen holland.
  • Nettuno
    Merupakan bahan yang cukup artistik karena bertekstur seperti serat kayu. Bahan ini cukup digemari karena keunikan teksturnya. Nettuno sangat cocok jika anda ingin membuat desain kartu nama yang minimalis.
  • Splendorgel
    Sifat dari splendorgel adalah halus, kaku, dan sangat putih. Permukaannya yang halus dan warna putih terang membuat hasil cetakan menjadi sangat terang dan jelas. Oleh karenanya, bahan ini cocok jika anda ingin memuat kartu nama dengan blok warna.

Setelah menentukan desain dan bahan kartu nama yang anda inginkan, waktunya untuk mencetak! Pastikan anda menemukan solusi terbaik dan terpercaya untuk percetakan kartu nama anda. Kunjungi SCM Advertising untuk informasi lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *