Kontruksi Papan Reklame, Billboard & Baliho

Bagaimana Membuat Konstruksi Billboard Yang Aman? Membuat konstruksi billboard atau neonbox memerlukan perhitungan yang matang. Seperti yang kita ketahui diperlukan material yang berkualitas baik juga agar konstruksinya kuat, seperti besi holo, besi siku, plat aluminium, dan pipa besi 16″ / 14″.

Agar konstruksi yang kita buat awet kita tidak boleh mengurangi bahan-bahan yang seharusnya digunakan. Pipa utama yang menjadi penopang utama billboard atau neon box menggunakan ukuran pipa besi yang disesuaikan dengan ukuranya. Jika ukuranya besar maka diperlukan pipa besi berdiameter yang memadai juga. Plat Aluminium yang menjadi cover ditempel sehingga bisa sebagai tempat dimana sticker akan dipasang. Plat aluminium harus menempel kuat dengan konstruksi agar kuat menahan terpaan angin, dan cuaca yang tidak menentu. Besi siku disusun melintang melintang pada konstruksi agar konstruksinya kuat. Untuk menyambungkan antar kerangka agar menjadi sebuah konstruksi yang utuh dilakukan dengan cara di las. Dalam proses ini juga diperlukan ketelitian agar hasil nya baik.

Dalam membuat konstruksi kita harus memerhatikan seluruh bagian utuh, mulai dari pondasi hingga plat finishingnya. Untuk Pondasi kita biasa menanamkan dengan beton dengan kedalam 1m-3m disesuaikan dengan besarnya billboard. Kepadatan betonya harus diperhatikan agar kuat.

Dengan konstruksi yang kuat banyak benefit yang akan kita dapat, biaya perawatanya juga akan sangat murah.

SPESIFIKASI TEKNIS KONSTRUKSI BILLBOARD
Macam atau jenis iklan madia luar ruang diantaranya billboard, baliho, mini billboard atau sering disebut midi, neonbox, papan nama toko, wall painting, spanduk, umbul-umbul, dan lain sebagainya.

Berikut ini spesifikasi tentang billboard :

Billboard adalah papan iklan yang berukuran besar yang biasanya dipasang lokasi dekat pusat-pusat keramaian dan di tengah atau di pinggir jalan raya. Dalam dunia reklame ukuran billboard adalah (4 x 8 m), (5 x 10 m), (6 x 12 m), (8 x 16 m), dan ukuran billboard bando jalan (3 x 12 m).
Untuk papan reklame ukuran (4 x 6 m) tidak disebut billboard melainkan BALIHO. Entah mengapa demikian, tapi itulah yang terjadi dalam bisnis periklanan billboard.

Sedangkan dari segi penerangan billboard dibagi menjadi 2 tipe :
– Billboard tipe frontlite ; penerangan dari depan visual menggunakan beberapa lampu sorot @ 400 Watt.
– Billboard tipe backlite ; penerangan dari belakang visual, beberapa lampu sorot khusus backlite @ 150 Watt berada di dalam kerangka box konstruksi bilboard.
Untuk kedua jenis bilboard tersebut visual atau MMT yang digunakan pun berbeda ; MMT frontlite dan MMT Khusus backlite.

Spesifikasi Kontruksi Papan Reklame, Billboard & Baliho :

  1. Bidang Board / Panelboard –> Sebagai panel peletakan visual MMT / Vynil
    – Bahan dasar plat aluminium 1,2 mm
    – Rangka board besi stall/hollo 30/30 mm
    – Cat dan menie
  2. Bidang Konstruksi / Kerangka Konstruksi
    – Besi Siku 40/40
  3. Tiang Konstruksi
    – Besi pipa diameter 16″
  4. Pondasi
    – Pondasi beton bertulang
  5. Lampu Frontlite
    – Lampu Merek SLAST 400 Watt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *