Mesin Cetak Sticker Digital

mesin cetak sticker digital

Mesin untuk cetak sticker digital banyak macamnya. Hampir semua mesin printer bisa untuk cetak sticker tapi tidak semua bisa diaplikasikan untuk cetak outdoor.

Contoh mesin yang biasa untuk cetak sticker digital adalah : roland, mimaki, mutoh (3 printer ini biasanya menggunakan tinta ecosolvent sehingga bisa mencetak sticker indoor outdoor) trus ada lagi printer seperti HP, Epson, Canon yang juga bisa cetak sticker tapi hanya untuk indoor

Sedangkan untuk mesin jenis laser ada fujixerox, develop, konica minolta, oki, gestener dan sebagainya, mesin-mesin ini walau bisa digunakan untuk cetak sticker indoor outdoor tapi kebanyakan orang tidak berani menggunakannya karena resiko gagalnya besar. Mesin-mesin diatas berbasis toner yang biasanya memerlukan pemanasan agar warnanya bagus, nah proses pemanasan inilah yang bisa menyebabkan sticker vinyl leleh dan akhirnya nyangkut di mesin, jika terjadi maka mesin akan kotor atau rusak, resiko inilah yang akhirnya membuat orang berpikir bahwa mesin-mesin berbasis toner tidak layak untuk cetak sticker digital.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita memilih mesin untuk cetak sticker :

  • Memiliki resolusi yang tinggi karena kebanyakan sticker dicetak menggunakan resolusi tinggi, minimal 740 dpi true.
  • Memiliki tinta yang kuat dan bisa diaplikasikan indoor outdoor, kebanyakan sticker dibuat untuk tujuan jangka lama dan di luar ruang untuk itu perlu ketahanan yang ekstra. Tinta yang bisa digunakan untuk outdoor adalah ecosolvent, solvent, lateks dan uv.
  • Biaya produksi, semakin mahal mesin biasanya biaya produksinya akan semakin murah.
  • Memiliki fleksibilitas media yang tinggi, artinya bisa mencetak di berbagai media sticker dengan baik karena media sticker banyak sekali jenisnya sehingga kalo mesin kita hanya bisa satu jenis saja maka akan merepotkan.

Kalau anda masih bingung ingin cetak sticker dengan mesin yang seperti apa, serahin saja semuanya ke scmadvertising.com. Solusi cetak sticker indoor dan outdoor yang berkualitas dan tahan lama.

Leave a Reply