Penemu Stiker dan Sejarah Perkembangannya

penemu sticker dan sejarah perkembangannya

Sticker secara umum memiliki peran yang cukup besar dalam dunia periklanan. Sticker sebagai sebuah seni dalam dunia desain, dan juga menjadi ornamen unik dalam menghias atau mendekorasi suatu benda maupun tempat.

Jika kamu lihat saat ini, sticker bisa digunakan dengan banyak cara. Namun, pernahkah terpikir olehmu tentang sejarah sticker itu sendiri? Kira-kira siapa orang yang pertama kali membuat sticker? Lalu untuk apa sticker itu dibuat?

Meskipun tidak ada sumber pasti yang merujuk kepada orang pertama yang membuat sticker, namun ada beberapa informasi yang setidaknya bisa mencerahkan kita tentang sejarah sticker.

Berikut ini ulasan tentang sejarah sticker dan perkembangannya hingga sekarang.

Sticker diciptakan pertama kali pada zaman Mesir Kuno untuk mengiklankan harga pasar. Para arkeolog menemukan benda di situs penggalian Mesir yang tampak tertempel oleh sesuatu.

Pada tahun 1839, Sir Rownland Hill menemukan sticker modern ketika ia menciptakan dan memperkenalkan kertas perekat. Benda ini kemudian menjadi prangko pos pertama.

Artefak ini diyakini sebagai semacam kertas yang ditulis dan kemudian ditempel di dinding pasar di seluruh Mesir pada masa itu.

Banyak orang yang percaya bahwa sticker diciptakan pada tahun 1880-an oleh ahli periklanan Eropa. Mereka ingin membuat konsumen tertarik dengan produk yang menggunakan kertas label berwarna-warni.
Kertas ini digunakan untuk mendeskripsikan produk buah-buahan yang saat itu sedang mengalami persaingan tinggi di Eropa.

Ada pendapat yang mengatakan bahwa R. Stanton Avery, pendiri populer “Avery Label,” adalah penemu sebenarnya dari sticker. Ia menemukan label perekat pertama pada tahun 1935.

Itulah sejarah singkat mengenai sticker, perkembangannya yang pesat dari tahun ke tahun membuat sticker menjadi sebuah produk kreatif yang dibutuhkan hampir di semua bidang industri modern saat ini.

Sampai saat ini terhitung ada ratusan jenis sticker, dan bisa dibedakan mulai dari material atau bahan yang digunakan untuk membuat sticker, fungsi, jenis tinta, jenis perekat hingga jenis pelapis stiker.

SCM Advertising menawarkan jasa design dan cetak sticker dengan berbagai macam bahan sesuai dengan kebutuhan promosi usaha anda, segera hubungi kami untuk informasi dan pemesanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *