Perbedaan Laminasi Doff & Glossy

Ketika Anda pergi ke percetakan untuk mencetak berbagai macam barang cetak seperti brosur, flyer, poster, sampai kartu nama, terkadang ditanyakan apakah hasil cetak ingin dilaminasi atau tidak.

Apa itu laminasi?
Laminasi adalah proses pelapisan bahan tipis pada sisi kertas.

Ada dua jenis laminasi yang umum digunakan pada percetakan, yaitu laminasi glossy dan doff.
Lantas apa perbedaan laminasi doff dan laminasi glossy?

  • Laminasi Doff
    Laminasi doff menghasilkan cetakan yang tidak berkilau dan bertujuan untuk memberikan perlindungan pada hasil printing. Mencetak dengan laminasi doff menghalangi kotoran dan bekas sidik jari pada kertas. Cahaya juga tidak akan memantul dari kertas, apabila dibandingkan dengan hasil laminasi glossy.
    Tekstur kertas yang kasar dan tidak licin mengurangi resiko kertas untuk menggelincir saat disusun.
  • Laminasi Glossy
    Laminasi glossy menghasilkan cetakan yang hasilnya terang dan berkilau. Mencetak dengan laminasi glossy memantulkan cahaya lebih banyak dan menghasilkan warna yang lebih baik daripada laminasi doff karena sifatnya yang menyerap warna pada tinta. Harganya juga relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan laminasi doff.
    Kekurangannya, kita perlu lebih berhati-hati dalam memegang hasil cetak karena kotoran dan bekas sidik jari sangat mudah menempel pada hasil cetak. Laminating glossy juga licin dan mudah tertekuk sehingga harus disusun dan disimpan dengan hati-hati.

Jadi, itulah perbedaan laminasi doff dan glossy. Dengan mengetahui perbedaan keduanya diharapkan Anda bisa membuat hasil cetak yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Cetak kebutuhan printing Anda di SCM Advertising dengan pilihan laminasi doff dan glossy yang berkualitas.

Leave a Reply