Perbedaan Stiker Cromo dan Stiker Vinyl

Dalam percetakan tersedia beragam jenis bahan stiker dan masing-masing memiliki karakteristik berbeda yang dapat dipilih sesuai dengan pengaplikasiannya. Bagi para pebisnis, jenis stiker yang dipilih pun mempengaruhi merek. Misalnya bagi pengusaha yang memasarkan produk makanan yang perlu disimpan dalam lemari pendingin, maka perlu membuat label dengan stiker yang tahan air.

Jadi berikut ini adalah perbedaan stiker cromo dan stiker vinyl yang dapat Anda jadikan referensi untuk memilihnya.

Stiker cromo/ kromo
Yaitu stiker yang berbahan dasar kertas. Stiker ini cocok untuk label kemasan makanan. Biasanya para produsen usaha kecil mikro atau yang lebih besar menggunakan sticker ini untuk sekadar memberikan branding/ merek, disamping itu juga untuk sarana promosi yang sangat tepat guna.

Kelebihan stiker ini adalah dapat dicetak full color karena stiker ini cara pembuatannya hanya didesain dikomputer lalu diprint, harganya pun sangat murah dan terjangkau.

Namun stiker ini jika sudah tertempel pada kertas/plastic susah sekali untuk mengelupas atau memindahkannya ke permukaan benda lain. Kalaupun bisa itu hasilnya pasti akan robek-robek karena stiker ini terbuat dari kertas. Itu yang menjadi kelemahan stiker ini. Selain itu stiker ini jika terkena air juga akan mudah rusak dan stiker ini juga tidak tahan gores.

Stiker ini paling cocok menempel di kertas. Biasanya dalam kesalahan percetakan, misalkan pembuatan undangan tetapi tanggalnya keliru, maka stiker ini bisa sebagai alternatif dalam pembetulan tanggal yang keliru tersebut.

Stiker vinyl
Yaitu stiker yang terbuat dari bahan plastic. Kekuatan stiker ini lebih baik dibandingkan dengan stiker cromo. Stiker ini sudah tahan air dan tahan gores. Harganya pun masih terjangkau dan tentunya bisa dicetak full color.

Stiker-stiker diatas biasanya digunakan untuk souvenir dalam acara/kegiatan promosi, seminar, try out, bazar, pelatihan, dll.

Itulah perbedaan stiker cromo dan stiker vinyl yang dapat anda gunakan untuk keperluan promosi anda. Semoga dengan pembahasan ini dapat membantu anda menentukan bahan stiker yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *