Banner sering Anda jumpai baik di dalam toko, mall, pagelaran, pameran, atau bahkan di tepi jalan raya. Media promosi yang umumnya dicetak dengan print digital ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana berbagi informasi, media iklan, ataupun media brand awareness. Selain itu, banner juga dapat dipakai berulang-ulang sehingga lebih ekonomis jika dibandingkan media promosi lainnya.
Berdasarkan penempatannya, banner dibedakan menjadi dua, yaitu banner indoor dan banner outdoor. Tak hanya itu, banner masih terbagi lagi ke dalam beberapa jenis dan fungsinya masing-masing. Untuk menghindari kekeliruan, Anda bisa mengenali jenis-jenis banner dan fungsinya berikut ini.
– X-Banner
Dinamakan X-Banner sebab jenis banner ini pada pemasangannya diberi penyangga berupa tiang berbentuk huruf X. Tiang penyangga sengaja dibuat dari bahan pipa aluminium kecil sehingga ringan dan mudah dipindah tempat. Biasanya, X-Banner diletakkan di samping pintu masuk sebuah toko, kantor, atau ruang seminar.
– Y-Banner
Serupa dengan X-Banner, Y-Banner juga terdiri dari banner dan rangka yang saling terpisah. Bedanya, jenis banner ini mempunyai tiang penyangga yang berbentuk seperti huruf “Y”.
– Mini X-Banner
Pada dasarnya, mini X-Banner sama dengan X-Banner biasa. Keduanya sama-sama menggunakan tiang penyangga berbentuk “X”. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran mini X-Banner yang lebih kecil, yaitu 26×38 cm atau lebih kecil lagi.
– Roll Up Banner
Roll up banner memiliki fungsi yang sama praktisnya dengan jenis banner sebelumnya. Uniknya, penggunaan banner ini dilakukan dengan cara digulung. Jadi, ketika Anda hendak menggunakan banner ini, cukup menarik banner tersebut. Ukuran standar roll up banner adalah 80×200 cm, 85×200 cm, 120×200 cm, bahkan sampai 150×200 cm. Roll up banner ini dinilai efisien karena mudah dibawa ke mana pun dan sangat ringan.
Setelah mengenali jenis-jenis banner dan fungsinya, sekarang Anda tidak akan keliru dalam membuat atau pun memesan banner untuk keperluan promosi bisnis. Agar menarik perhatian pengunjung, maka desain Banner harus dibuat unik dan sederhana. Pastikan konten yang dimuat dalam banner singkat, padat, dan jelas serta dilengkapi gambar-gambar yang terkait dengan promosi yang dilakukan.