Banyak sekali yang berpikir bahwa iklan sama dengan pemasaran, iklan sama dengan penjualan, pemasaran sama dengan penjualan. Sebenarnya pemasaran mencakup semua kegiatan yang dimulai dari pekerjaan membuat, mengemas, mengedarkan hingga mendidik dan menggerakkan para penjual. Pemasaran sendiri terdiri dari beberapa elemen utama yaitu; produk, harga, promosi, dan penempatan penjualan produk.
Sementara itu, iklan merupakan salah satu cara mengajari orang tentang suatu produk. Melalui iklan, sebab perusahaan dapat mengkomunikasikan suatu produk yang dihasilkan. Iklan mengajari orang untuk memakai produk demi mengisi kebutuhan dan peningkatan kualitas hidup. Bagaimanapun juga, iklan merupakan bagian dari keseluruhan strategi pemasaran.
Iklan juga merupakan salah satu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mempersuasi para konsumen untuk melakukan suatu tindakan tertentu. Oleh sebab itu, dalam pembuatan iklan yang nantinya akan dilempar ke audiens, perlu menggunakan cara-cara tertentu. Cara-cara ini digunakan agar iklan yang dibuat bisa efektif dan sampai ke sasaran dengan tepat.
Berikut ini beberapa tips dalam membuat desain iklan yang menarik dan efektif.
- Pemilihan Media
Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan media. Banyak sekali media yang bisa digunakan mulai dari media visual, audio dan juga audio visual. Jika memilih menggunakan media visual seperti brosur, koran, majalah, atau website, buatlah iklan dengan desain kata-kata dan gambar yang lugas. Dengan keterbatasan ruang, kita harus bisa memaksimalkan dengan kata-kata persuasive dan juga gambar yang menarik. - Pemilihan Logo
Untuk kebutuhan personalisasi produk yang dijual, buatlah logo khusus untuk produk yang akan kita iklankan. - Pemilihan Warna
Jika memilih menggunakan media visual, pilihan warna juga sangat berpengaruh dalam keefektifan iklan. Pilihlah warna yang nyaman dipandang dengan mata. Pemilihan warna juga didasarkan pada pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat iklan. - Isi Pesan yang Jelas
Iklan adalah perkara menyampaikan pesan berupa informasi dari produk yang ditawarkan kepada para audiens. Oleh karena itu, buatlah iklan yang isi pesannya sangat jelas dan mudah dimengerti. - Mudah Diingat
Buatlah iklan yang mudah diingat. Misalnya kita memilih media radio untuk mengiklankan produk kita. Kita bisa membuat jingle atau lagu yang mudah diingat atau easy listening. Dengan begitu audiens bisa dengan mudah mengingat produk yang kita iklankan. - Brand Ambassador
Jika ingin produk yang diiklankan bisa lebih diterima oleh audiens, maka gunakanlah brand ambassador. Brand ambassador adalah orang yang mewakili produk kita. Orang tersebut haruslah orang terkenal atau public figure yang mempunyai reputasi baik. - Maksimalkan Internet
Kita bisa saja memilih mengiklankan produk kita di koran, tv atau radio. Agar lebih efektif, kita juga bisa menggunakan internet agar produk kita juga makin dikenal. Penggunaan internet pun cukup mudah, kita bisa beriklan di website, blog, hingga media sosial.