Baliho Jogja

Baliho Hotel Dafam Yogyakarta
Baliho Hotel Dafam Yogyakarta

Pengertian Baliho

Apa itu baliho? Baliho adalah sebuah media promosi yang mengandung unsur memberitakan suatu kegiatan yang berkaitan dengan khalayak umum.

Jika ditinjau dari segi etimologi kata, istilah “baliho” sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti menyampaikan. Pesan yang disampaikan melalui baliho adalah pesan yang tersirat, baik itu promosi, iklan atau pemberitahuan yang sifatnya agar diketahui khalayak umum.

Baliho juga sangat berhubungan dengan media berpromosi suatu produk, dan seperti yang sudah kita ketahui, saat ini baliho menjadi salah satu hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya pada kecanggihan mesin cetak digital. Media promosi ini dicetak menggunakan mesin print digital yang umumnya berbentuk vertikal  maupun portrait.

Baliho sendiri sering digunakan karena biaya pembuatannya yang cukup terjangkau dan sangat mudah untuk diganti visualnya. Sekalipun baliho saat ini telah ada dalam bentuk digital yang bernama videotron, namun tetap saja baliho ini juga dapat dimanfaatkan sebagai alat investasi untuk jangka waktu yang panjang. Dengan harga dan proses intalasinya yang cukup murah dan mudah tersebut, maka ketika ada perusahaan atau instansi yang akan memesannya sebagai media promosi, mereka dapat dengan mudah menemukan jasa pembuatan baliho murah dan berkualitas di Yogyakarta, tentunya jasa yang menerima pembuatan baliho tersebut sudah terjamin kredibilitasnya.

Ciri-Ciri Baliho

Sejalan dengan penjelasan mengenai pengertian baliho seperti yang sudah dijelaskan di atas, adapun ciri-ciri baliho antara lain adalah :

  • Dibuat untuk mempromosikan suatu produk atau kegiatan tertentu kepada orang banyak.
  • Ukurannya besar dan dibuat semenarik mungkin sehingga mudah terlihat oleh orang banyak.
  • Ditempatkan pada tempat yang dilalui banyak orang, misalnya di pinggir jalan.
  • Proses pemasangan dan pembongkarannya cenderung mudah dan cepat.

Fungsi dan Manfaat Baliho

Baliho sering kali menjadi salah satu media promosi utama, sebab memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh media promosi lainnya.

Adapun beberapa fungsi dan mantaat baliho adalah sebagai berikut :

  • Sebagai media penyampaian iklan kepada masyarakat luas.
  • Sebagai media promosi yang biayanya sangat terjangkau.
  • Sebagai promosi kontemporer dan dapat dilakukan secara instan.
  • Sebagai sarana untuk menaikkan daya jual atau popularitas dari pengiklan, baik itu barang maupun jasa.

Jenis-Jenis Baliho

Jenis-jenis baliho bisa kita bedakan berdasarkan bahan yang digunakan, atau dari ukurannya. Adapun beberapa jenis baliho adalah sebagai berikut :

  • Abadros, yaitu baliho dengan kualitas yang sangat bagus, memiliki permukaan bahan yang halus untuk membuat tampilan gampar lebih detail. Biasanya abadros digunakan untuk baliho kategori indoor.
  • Baliho Vertikal, yaitu baliho yang berukuran 2×3 meter atau 4×6 meter, terbuat dari bahan kain/ kertas, papan / tripleks, dan biasanya dipasang pada tiang.
  • Baliho Horizontal, yaitu baliho yang berukuran 3×4 meter, terbuat dari bahan kain, kertas stricker, atau tripleks, dengan konstruksi yang lebih kokoh.
  • Flexi Korea/ Flexi Cina, kualitas bahan kedua jenis baliho ini tidak jauh berbeda.
  • Flexi Jerman, yaitu baliho dengan kualitas bahan yang  lebih bagus, tetapi memang harganya sedikit lebih mahal. Jenis bahan ini memiliki pori-pori bahan yang lebih halus dari pada Flexi China maupun Korea.

Baliho juga biasanya diartikan sebagai sebuah poster, tapi dengan ukuran yang lebih besar, antara lain 2 hingga 4 kali lebih besar dari ukuran poster pada umumnya. Sehingga tidak jarang juga orang mengatakan baliho sebagai poster yang berukuran besar.

Sedangkan ukuran poster sendiri jika mengikuti standar internasional antara A0, A1, A2 dan A3. Akan tetapi yang membedakan antara baliho dan poster lainnya yaitu cara menampilkannya, baliho bisa dipamerkan dengan dudukan dengan bentuk misalnya Y, X, Ring atau Donut.

Selain model-model kaki baliho tersebut masih banyak model lainnya untuk sistem display baliho berkualiatas. Misalnya moving roll baliho atau baliho yang bisa diputar, atau ada juga baliho yang dapat digantung.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai pengertian baliho, ciri-ciri baliho, fungsi, manfaat dan jenis-jenis baliho. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar tips pasang reklame Jogja atau informasi lainnya yang dapat Anda akses diwebsite SCM Advertising Yogyakarta.

SCM Advertising Yogyakarta sudah terkenal handal dalam melayani jasa produksi dan pasang segala jenis baliho berkualitas, bahkan SCM Advertising juga menawarkan harga produksi baliho murah dan terjangkau, dan yang paling penting memiliki mutu berkuaitas tinggi.

Leave a Reply