Fungsi dan Manfaat Membuat Kartu Nama Bisnis

Tidak semua profesional punya name card atau kartu nama. Ada yang memang tidak mau membuatnya karena merasa hal itu tidak begitu penting.

Ada pula perusahaan yang tidak mau membuatkan kartu nama untuk semua karyawannya. Hanya karyawan tertentu yang diberikan kartu nama karena ingin menghemat biaya desain dan cetak kartu nama.

Padahal, kartu nama merupakan selembar kertas kecil yang simpel, tapi punya fungsi dan manfaat yang penting bagi bisnis Anda. Anda perlu memilikinya dan karyawan Anda pun sebaiknya dibuatkan juga.

Nah, berikut sejumlah fungsi dan manfaat kartu nama yang perlu Anda ketahui.

– Profil Diri
Kartu nama menjadi tanda pengenal yang bisa dipakai saat berkenalan dengan orang baru. Orang yang menerima kartu nama Anda bisa langsung mengetahui beberapa informasi penting mengenai diri Anda, tanpa Anda harus menjabarkannya satu per satu.

Seperti nama lengkap Anda, jabatan di perusahaan, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya. Sehingga orang lain bisa dengan mudah mengetahui siapa Anda dan apa status pekerjaan Anda.

– Informasi Mengenai Bisnis
Anda perlu menampilkan berbagai informasi mengenai bisnis Anda pada kartu nama. Seperti nama perusahaan, logo perusahaan, alamat website, alamat kantor, dan profil singkat bisnis yang dijalankan.

Saat orang membaca kartu nama Anda, mereka bisa langsung mengetahui tentang bisnis Anda. Sehingga mereka tidak salah mengingatnya dan sewaktu-waktu bisa menghubungi Anda saat mereka ingin bekerja sama.

– Menunjukkan Profesionalitas
Orang yang memiliki kartu nama terlihat lebih profesional dibandingkan orang yang tidak memilikinya. Makanya, biasanya orang-orang di lingkungan bisnis kerap saling menukarkan kartu nama saat berkenalan.

– Membuat Orang Mengingat Anda
Saat Anda bertemu dengan banyak orang di suatu event, Anda pasti tidak akan bisa mengingat semua orang yang Anda temui. Begitu juga dengan orang lain.

Makanya, membagikan kartu nama itu sangat penting saat ingin menambah relasi bisnis. Karena mereka yang menerima kartu nama Anda akan lebih mudah mengingat siapa Anda dan kemungkinan akan mengontak Anda di kemudian hari.

Nah, itulah alasan kenapa Anda perlu membuat kartu nama bisnis. Oleh sebab itu, manfaatkan kartu nama Anda dalam berbagai kesempatan untuk memperluas jaringan bisnis dengan orang-orang penting.

Leave a Reply