Jenis Kertas Yang Digunakan Untuk Membuat Stiker

jenis kertas stiker

Tahukah Anda, bahwa stiker ternyata mempunyai jenis yang bervarian, dimana jenis ini dibedakan dari jenis kertas yang digunakan dalam pembuatan stiker.

Ada beberapa kertas yang umum digunakan dalam pembuatan cetak stiker yaitu sebagai berikut :

1. Kertas Stiker Vinyl.

Jenis kertas vinyl merupakan jenis kertas yang sangat baik dalam pembuatan cetak stiker, hal ini dikarenakan jenis kertas ini tahan air, memiliki permukan yang glossy dan bertekstur plastic yang lentur serta mempunyai daya tahan yang baik terhadap panas dan air.

2. Kertas Stiker Yupo.

Kertas stiker yupo terbuat dari bahan baku sintetis, kertas jenis ini sangat tahan air, minyak, maupun bahan kimia lainnya.

3. Kertas Stiker Gold Foil.

Kertas stiker ini berwarna keemasan dimana biasanya digunakan untuk objek yang dicetak agar berwarna keemasan, namun pada kertas jenis ini lem digunakan secara terpisah dan menggunakan lem khusus.

4. Kertas Stiker Chrome.

Jenis kertas stiker chome ini biasa digunakan untuk melapisi body kendaraan bermotor. Dimana kertas ini tidak mudah lecet dan tergores serta memiliki lapisan glitter atau kilau sehingga dapat membuat body kendaraan mengkilap.

5. Kertas Stiker Bontax.

Kertas stiker jenis ini memiliki tekstur seperti kertas biasa namun mempunyai daya rekat yang sangat baik dan biasanya banyak digunakan dalam berbagai macam kemasan produk.

6. Kertas stiker HVS.

Kertas stiker HVS ini pada umumnya mempunyai Ukuran A4 217X299 cm, biasa digunakan dalam pembuatan stiker souvenir atau stiker yang digunakan dalam ruangan. Kelemahan dari jenis ini adalah daya rekat lem yang kurang kuat sehingga mudah mengelupas.

7. Kertas stiker Oracal.

Kertas stiker ini memiliki karakteristik yang lentur, tahan lama dan tidak memantulkan cahaya serta memiliki ketahanan warna yang kuat.

8. Kertas stiker Scotchlite.

Kertas stiker ini mempunyai daya rekat yang tinggi, tidak mudah mengelupas dan tipis serta bisa memantulkan cahaya.

Nah, setelah mengetahui jenis – jenis kertas stiker, kini Anda akan lebih paham untuk mencetak stiker sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, apabila Anda masih bingung, jangan ragu untuk menghubungi SCM Advertising untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply