Pentingnya Kartu Nama Pribadi Untuk Networking

Memang saat ini dunia bisnis sudah didominasi oleh digital. Mulai dari kirim e-mail, membuat jadwal meeting, membuat kontrak, bahkan networking dengan social media. Walaupun begitu, ada satu hal yang belum bisa diubah ke digital dan masih eksis dalam bentuk fisik, yakni kartu nama. Kartu nama sampai saat ini masih belum bisa digantikan hanya dengan bertukar kontak lewat gadget. Berikut ini 3 alasan pentingnya memiliki personal business card yang perlu dipertimbangkan.

Informatif dan Praktis
Bayangkan, hanya dengan selembar kartu ada begitu banyak informasi mengenai diri kita, mulai dari nama lengkap, alamat kantor atau website, nomor telepon, e-mail, hingga sosial media. Dengan bentuk dan ukurannya yang simple dan kecil, kartu nama sangat praktis untuk dibawa ke mana pun.

Profesional
Saat bertemu dengan klien atau orang yang mau menjadi partner kita, bukan hanya penampilan dan etika berbicara saja yang harus diperhatikan. Hal-hal kecil bahkan seperti kartu nama pun akan menunjukkan profesionalitas diri. Semua orang akan terlihat well prepared ketika bertemu klien jika memiliki kartu nama. Tampilan dan desain kartu nama yang dipilih pun tentunya mencerminkan kepribadian. Kartu nama ini akan memberikan kesan lebih dalam dan akan terus diingat. Misalnya seorang foodblogger bisa membuat kartu nama dengan desain makanan yang unik.

Memperluas Jaringan
Dengan memberikan kartu nama, akan semakin besar kemungkinan direferensikan oleh orang lain. Bertukar kontak memang bisa dilakukan hanya dengan cara memberikan nomor ponsel di gadget, tapi terkadang dunia digital tidak bisa diprediksi. Sewaktu-waktu data yang sudah ada bisa mendadak hilang, entah karena sistem eror, lupa password, atau ponsel hilang. Maka, kartu nama merupakan alternatif lain untuk tetap memperluas jaringan dan keep in touch dengan yang lain.

Leave a Reply