Perbedaan Billboard, Videotron, dan Megatron

Perbedaan Billboard, Videotron, dan Megatron

Media iklan di masa sekarang memang cukup bervariasi. Tentunya ada banyak jenis media periklanan yang bisa digunakan untuk menggaet pelanggan secara maksimal. Salah satunya melalui media iklan digital atau elektronik. Pastinya banyak yang masih awam dalam hal ini, termasuk memahami apa saja perbedaan billboard, videotron, dan megatron.

Sekilas bagi yang tidak paham akan pemasaran dan media periklanan bisa jadi bingung membedakan ketiga media tersebut. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, sebenarnya ada banyak hal yang membedakan ketiga media itu tadi. Maka dari itu sebaiknya mulailah dengan memahami apa yang dimaksud dengan media iklan tersebut. Sehingga bisa mengetahui apa saja perbedaan rinci di antara ketiganya dengan jelas. Bagi yang penasaran, berikut ini beberapa informasi menarik tentang perbedaan billboard, videotron, dan megatron.

Baliho SMA GAMA Yogyakarta
Baliho SMA GAMA Yogyakarta

Billboard

Untuk dapat memahami apa saja perbedaan di antara ketiga media yang disebutkan di atas, tentunya sangat penting untuk mengetahui lebih dulu bagaimana definisi maupun ciri-ciri dari media iklan tersebut. Dimulai dari memahami apa yang dimaksud dengan billboard.

Secara umum billboard ini merupakan salah satu media promosi periklanan yang ditempatkan pada area outdoor atau di luar ruangan. Sehingga hal ini membuat billboard termasuk dalam kategori outdoor advertising. Sebagai media iklan yang dianggap cukup efektif, billboard ini termasuk banyak dipilih sebagai bentuk sarana promosi.

Di Indonesia, definisi billboard juga bisa disebutkan sebagai media iklan yang bentuknya bidang dan menggunakan berbagai macam bahan. Mulai dari bahan kayu, bahan logam, bahan kain, bahan kaca, bahan fiberglass, bahan plastik, dan berbagai jenis bahan lainnya. Umumnya media iklan ini dipasang sendiri maupun dapat juga menempel pada sebuah gedung ataupun bangunan. Pemasangannya juga bersifat permanen atau tetap.

Adapun ciri-ciri billboard secara fisik dapat dilihat pada ukurannya yang cukup besar serta bermacam-macam sesuai kebutuhan. Biasanya dipasang dalam bentuk poster. Selain itu billboard diletakkan di area yang ramai dan padat, dan juga umumnya dipasang cukup tinggi sehingga mudah untuk dilihat banyak orang yang lalu lalang.

Dalam perkembangannya, billboard semakin maju dan menggunakan teknologi yang makin berkembang. Saat ini sudah ada billboard digital serta billboard mobile. Dimana bagi sebagian pemasang iklan tentunya teknologi tersebut memberikan keuntungan yang lebih banyak.

Billboard digital memberikan tampilan yang jauh lebih menarik karena dikombinasikan dengan penggunaan LED. Sementara billboard mobile dapat berpindah-pindah dari satu area ke area yang lain karena umumnya terpasang pada kendaraan bermotor, terutama mobil atau motor.

Gambar diambil dari Google
Gambar diambil dari Google

Videotron

Beralih pada media iklan berikutnya yaitu videotron. Sebenarnya videotron tidak lain adalah billboard yang sudah menggunakan teknologi digital secara penuh. Karena pada media iklan yang satu ini mengusung promosi yang dirupakan dalam bentuk gambar film dengan durasi tertentu. Dimana tentunya media utama untuk hal tersebut yaitu menggunakan video digital.

Dari definisi videotron di atas, maka dapat dilihat bahwa ciri-ciri umum videotron hampir serupa dengan billboard. Namun yang membedakan yaitu teknologi yang dipakai di dalam langkah untuk melakukan promosi itu sendiri. Dimana fokus dari videotron yaitu menggunakan teknologi digital yang didukung oleh kelengkapan elektronik untuk menarik perhatian calon konsumen. Sementara dari sisi peletakan juga tipikal dengan billboard, umumnya dipasang cukup tinggi di area yang ramai.

Gambar diambil dari Google
Gambar diambil dari Google

Megatron

Terakhir yaitu media promosi berupa megatron. Sebagai salah satu media iklan yang juga termasuk di dalam kategori outdoor, maka sebenarnya megatron ini adalah bentuk yang lebih besar dan lebih canggih dari sebuah videotron. Sehingga pada dasarnya media iklan ini masih termasuk dalam kategori billboard, hanya dilengkapi oleh teknologi yang jauh lebih baik.

Secara umum ciri-ciri megatron yaitu pada tampilan elektronik yang menggunakan gambar bergerak supaya menarik perhatian konsumen. Perbedaannya dengan videotron yaitu pada ukuran yang digunakan. Jika Anda pernah melihat videotron dengan ukuran raksasa atau super besar di pusat kota besar, maka inilah yang masuk di dalam kategori megatron.

Perbedaan Billboard, Videotron, dan Megatron

Dari penjelasan setiap media iklan tadi di atas, maka dari sini dapat disimpulkan apa saja perbedaan billboard, videotron, dan megatron. Tentunya penjelasan tadi sudah cukup untuk melihat apa saja point-point penting yang membedakan ketiga media iklan outdoor tersebut. Secara garis besar, perbedaan ini dapat dilihat sebagai berikut:

  • Pertama yaitu perbedaan definisi secara khusus, meskipun secara umum merupakan media iklan outdoor, namun secara spesifik ada sedikit perbedaan. Jika billboard merupakan media iklan outdoor statis, maka videotron dan megatron dapat dikatakan sebagai media iklan outdoor dinamis. Dimana tampilan iklan pada billboard hanya berupa gambar, sementara pada videotron dan megatron tampilan berupa video digital.
  • Kedua yaitu perbedaan dalam hal teknologi. Hal ini sudah cukup jelas terlihat, karena billboard, videotron dan megatron menggunakan teknologi yang tidak sama. Jika billboard merupakan iklan tanpa tambahan teknologi dan hanya berupa desain poster, maka videotron dan megatron menggunakan teknologi digital pada tampilan videonya. Selain itu pada videotron dan megatron terdapat permainan lampu LED dan pencahayaan yang menarik. Maka dari itu ada teknologi yang lebih maju dalam penggunaan videotron serta megatron.
  • Perbedaan terakhir terletak pada bahan serta ukurannya. Jika billboard dapat menggunakan media kain, kayu, ataupun plastik, maka berbeda lagi dengan videotron serta megatron. Karena videotron dan megatron otomatis harus menggunakan media yang jauh lebih kokoh yaitu penyangga alumunium serta kontruksi berupa layar kaca.

Sementara jika ditinjau dari ukuran ketiganya, dapat dilihat bahwa billboard sendiri memiliki ukuran bermacam-macam, mulai dari yang kecil hingga besar. Namun videotron umumnya akan menggunakan ukuran yang cukup besar untuk terlihat dari berbagai sudut. Sementara megatron adalah media iklan yang super besar dan bisa dilihat jelas dari mana saja dengan lokasi di pusat kota yang ramai.

Nah, setelah membaca informasi di atas, tentu sekarang sudah lebih jelas mengenai apa saja perbedaan billboard, videotron, dan megatron. Sehingga dengan memahami perbedaan ketiga media tersebut, lebih mudah juga bagi Anda untuk menentukan pilihan mana media periklanan yang paling sesuai dengan keinginan. Yang paling penting adalah memastikan bahwa solusi media periklanan digital yang dipilih ini bisa membantu meraih target yang diinginkan.

Adapun jika ingin memastikan pemilihan media iklan yang efektif, sebaiknya serahkan saja pada jasa profesional yang berpengalaman. Contohnya yaitu menyerahkan pemilihan media iklan serta desainnya pada SCM Advertising Yogyakarta. Sebagai salah satu jasa advertising terbaik di Indonesia, tentunya SCM Advertising selalu memahami kebutuhan para pelanggannya dengan tepat. Sehingga mampu memberikan solusi media periklanan terbaik termasuk desain dan konstruksi pemasagannya.

Maka dari itu, tidak perlu bingung dan khawatir lagi. Cari informasi terkait Megatron, Videotron dan Billboard Yogyakarta sekarang dan dapatkan promosi menarik dari SCM Advertising. Langsung hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut bagi sarana iklan digital terbaik yang Anda inginkan.

 

Leave a Reply