Tips Membuat Desain Papan Nama

Papan nama Teras Jawa Yogyakarta
Papan Nama Teras Jawa Yogyakarta

Tips Membuat Desain Papan Nama

Membuat desain papan nama untuk toko tentu tidak boleh sembarangan. Apalagi papan nama tersebut menjadi salah satu media yang memudahkan pengunjung untuk mengenali outlet Anda dan dapat menarik perhatian masyarakat. Jadi semakin menarik papan nama tersebut, para pembaca juga akan semakin tertarik untuk berkunjung ke toko dan bayangan mengenai papan nama tersebut tersimpan di ingatan. Papan nama harus dibuat dengan desain yang efektif dan efisien karena termasuk bagian pemasaran usaha. Oleh sebab itu perhatikan beberapa tips membuat desain papan nama seperti berikut ini.

1. Ukuran Papan

Sebelum mulai menentukan desain papan nama, Anda perlu menentukan lebih dulu ukuran dari papan tersebut. Ingat, ukuran papan nama akan berpengaruh terhadap gambar dan isi yang bisa dimuat di dalamnya. Selain itu, ukuran papan nama serta kontennya juga perlu disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di daerah tersebut. Jika papan nama dibuat untuk usaha komersial, pertimbangkan budget yang tersedia.

2. Sederhana dan Akses Mudah

Sederhana yang dimaksud di sini bukan berarti Anda membuat papan nama yang asal terlihat tanpa memperhatikan desain dan konstruksi papan nama. Makin simpel desain dari papan nama, pesan dapat disampaikan secara efektif. Selain itu, layout yang tidak rumit juga akan mempermudah maksud dari tulisan agar dapat diingat hanya dalam hitungan detik. Jika Anda ingin menambahkan informasi pada papan nama, usahakan menulisnya sesingkat mungkin dengan layout yang mudah dipahami.

3. Lokasi

Penempatan papan nama juga sangat berpengaruh terhadap desain yang akan dibuat. Anda perlu menentukan apakah papan nama tersebut akan diletakkan di depan bangunan toko atau menghadap ke dua arah jalan. Walaupun desainnya bisa sama saja, namun finishingnya bisa sangat berbeda. Terkait lokasi, Anda juga perlu memperhatikan tinggi dan rendahnya papan tersebut. Biasanya tinggi rendah papan nama tersebut juga sudah masuk dalam peraturan daerah setempat sehingga perlu diperhatikan pula undang-undang yang berlaku.

4. Background Sederhana

Pemakaian background dapat memudahkan berbagai hal pada elemen. Bila background yang digunakan cukup sederhana, maka tampilan logo, gambar, dan tulisan di papan tidak akan terganggu. Tetapi background sebaiknya juga tidak terlalu kosong karena dapat membuat papan nama terkesan sepi sehingga kurang menarik bagi orang yang membacanya.

5. Teks dan Font

Untuk penggunaan huruf di Plang Nama Toko, pilihlah jenis font yang mudah dibaca dan terlihat menarik. Hindari format tulisan yang terlihat terlalu formal bila kurang sesuai dengan usaha Anda. Selain memperhatikan jenis huruf, perhatikan pula hal lain seperti penggunaan huruf besar dan kecil, warna, kemiringan, dan ketebalan huruf. Kadang, penulisan huruf yang salah dapat menyebabkan salah pengertian. Selain itu, perhatikan pula jarak antar kata atau antar huruf.

6. Pencahayaan 

Tulisan yang semakin kontras dengan background akan membuatnya lebih mudah terlihat. Perpaduan berbagai warna perlu diperhatikan karena tidak semua warna cocok ketika saling dipadukan. Contoh warna utama yang sering digunakan untuk papan nama adalah pilihan warna primer misalnya kuning, biru, merah, dan warna netral seperti putih dan hitam.

7. Gambar Papan

Menggunakan gambar untuk sebuah papan nama akan membuat mata pembaca fokus pada papan nama. Gambar yang digunakan pada papan nama perlu mencerminkan identitas perusahaan. Selain gambar, memberi batas di sekitar papan nama juga akan membantu orang agar lebih fokus untuk melihat ke arah papan.

Papan nama yang menggunakan logo perusahaan tentu harus memiliki desain yang seimbang dengan beberapa elemen lain dalam papan nama. Logo tidak harus berukuran besar tetapi juga jangan terlalu kecil. Jangan sampai antara gambar yang dipasang dan logo saling bertabrakan sehingga kurang jelas dan pesan tidak tersampaikan pada pembaca. Jika Anda memang berniat menggunakan logo paling kecil, idealnya logo tersebut berukuran 1/8 dari ukuran papan.

Bagi Anda yang berniat untuk membuat papan nama di Jogja, saat ini sudah ada banyak jasa advertising salah satunya adalah SCM Advertising Yogyakarta yang melayani pembuatan papan nama Jogja dengan berbagai jenis. Papan nama untuk toko tersedia dalam jenis yang beragam mulai dari papan nama konvensional, neon box, neon sign, huruf timbul, dan masih banyak lagi. Pastikan untuk memilih desain papan nama yang sesuai dengan karakter toko atau citra yang ingin dibangun di mata konsumen. Dengan memperhatikan tips di atas, tentunya Anda tidak akan kesulitan lagi untuk menentukan desain papan nama yang tepat.

Leave a Reply