Tips Merawat Mata Pisau Pada Mesin Cutting Sticker

Memilih dan menggunakan mata pisau untuk mesin cutting sticker dengan bijaksana adalah langkah yang mudah tetapi sangat penting untuk menjaga kualitas. Pilihlah mata pisau yang tepat untuk cutting sticker. Pasang dengan benar dan pilih sudut pisau yang tepat untuk pekerjaan itu. Mengawasi ketajaman mata pisau dan selalu siap untuk menukar pisau dengan yang baru saat kualitas hasil cutting menurun. Lakukan tips dibawah ini agar Anda mendapatkan kinerja optimal dari mesin cutting Anda.

– Kapan harus mengganti mata pisau?
Periksa mata pisau Anda ketika Anda mulai memiliki masalah ketika mengkelet stiker cutting Anda, atau jika Anda melihat penurunan kualitas potongan. Terkadang kerusakan pada mata pisau dapat dilihat dengan jelas, terkadang tidak. Jika terlihat masih mulus tetapi hasil cutting tidak baik, cobalah pisau baru dan lihat apakah kualitas hasil cutting meningkat.

– Tidak ada daya tahan standar untuk mata pisau mesin cutting. Ketahanan mata pisau tergantung pada berapa banyak vinil yang Anda potong, dan jenis material apa yang Anda potong. Manik-manik kaca dan serpihan logam yang terdapat dalam stiker scotchlite reflektif dan metalik lebih cepat menurunkan daya tahan mata pisau dibandingkan dengan stiker vinyl standar seperti ORACAL 651 Glossy. Selain itu, seberapa pedulinya Anda mengatur derajat mata pisau Anda untuk bahan yang Anda potong memengaruhi ketajaman mata pisau mesin cutting.

– Jangan memotong terlalu dalam. Kertas dapat menumpulkan mata pisau lebih cepat. Memotong terlalu dalam hingga menembus ke bagian kertas dapat mempercepat kerusakan mata pisau, menumpulkan ujung mata pisau dan hasil cutting menjadi lebih sulit untuk dikupas.

– Bagaimana dengan perawatan?
Pemeliharaan mata pisau cutting plotter sangat mudah. Jaga agar tetap bersih. Bekas vinyl dan lem yang tertinggal di dalam holder pisau dapat mengganggu rotasi mata pisau dan menurunkan kualitas pemotongan. Periksa holder mata pisau secara berkala dan bersihkan semua kotoran yang ada.

Leave a Reply