Tips Pasang Papan Reklame Strategis

Tips Pasang Papan Reklame Strategis
Gambar diambil dari Google

Tips Pasang Papan Reklame Strategis

Pada umumnya orang memasang iklan, baik pada media cetak online maupun papan reklame adalah untuk memaksimalisasi penjualan atau menyebarluaskan konten dari apa yang di iklankan. Nah, berikut ini kami akan berikan beberapa tips strategis memasang papan reklame

Eksposur Media

Pilih lah titik reklame yang tegak lurus dengan arah pandang audiens. Audiens reklame yaitu pengguna jalan raya yang mayoritas menggunakan kendaraan, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat, tentu fokus utamanya pada jalan di depannya atau pada arah kemana kendaraan itu bergerak. Berdasarkan laporan studi literatur dari ADVERTS (Assessing Distraction of Vehicle drivers in Europe from Roadside Technology-base Signage), bahwa fokus pengendara kendaraan terlihat seperti pada ilustrasi di atas.

Semakin ketengah fokus pengendara semakin terpaku, dan kecenderungan pemindaian penglihatan pengemudi secara horizontal. Maka media yang paling efektif ialah yang tegak lurus dengan arah pandang pengendara kendaraan. Karena pengendara lebih mudah dan cepat mengenali obyek yang berada di depannya sehingga iklan kalian lebih berpeluang untuk terlihat.

Ukuran Media

Jarak pandang audiens dengan media reklame menjadi faktor penentu efektivitas iklan berikutnya. Ukuran media harus cukup besar agar dapat terlihat dari jarak optimum audiens. Ketajaman penglihatan normal manusia menurut snellen chart yaitu 20/20, artinya obyek yang dapat terlihat optimum dalam jarak 20 kaki atau 6 meter.

Pilih lah ukuran media yang proporsional atau sesuai dengan jarak pandang audiens. Ukuran media yang cukup besar tentu lebih mudah terlihat dan menarik perhatian audiens.

Posisi Media

Perhatikan kecepatan lalu lintas kendaraan di lokasi yang kalian pilih. Tentu kalian ingin pesan pada iklan kalian tersampaikan dengan baik bukan? Pada kondisi lalu lintas yang lengang, laju kendaraan cenderung lebih cepat sehingga tidak cukup waktu untuk membaca pesan pada iklan di reklame.

Pilih lah reklame yang terletak di lokasi yang berpotensi memperlambat atau bahkan menghentikan laju kendaraan. Lokasi seperti persimpangan jalan, penyempitan jalan (bottle neck), atau pintu masuk sebuah kawasan atau fasilitas publik. Karena biasanya pada lokasi-lokasi tersebut terjadi penurunan laju kendaraan karena adanya lampu pengatur lalu lintas atau karena kepadatan akibat penumpukan kendaraan yang terjadi di lokasi tersebut.

Densitas Lokasi

Pernah lihat kondisi papan reklame seperti gambar dibawah ini? Meski hampir seluruh aspek di atas sudah terpenuhi namun dengan terlalu banyaknya jumlah papan reklame atau billboard di satu titik yang sama membuat pesan iklan akan sulit tersampaikan.

Karena pemandangan audiens dipenuhi dengan papan reklame lain sehingga informasi yang diterima beragam dan bercampur dengan informasi dari masing-masing media tersebut, hal ini disebut dengan kekacauan visual.

Visibilitas Media

Agar dapat terlihat secara optimum, faktor berikutnya adalah distraksi atau penghalang media dengan audiens. Perhatikan obyek lain disekitar media reklame seperti bangunan, pohon, tiang listrik, lampu penerangan jalan, atau lampu pengatur lalu lintas. Keberadaan benda atau obyek tadi dapat menjadi faktor penghalang visual ketika posisinya berada di depan media reklame.

Demikian artikel mengenai tips penentuan titik pasang papan reklame strategis. semoga informasi diatas bisa menambah wawasan kita bersama.

Jika kalian sedang mencari vendor untuk membuat papan reklame di Jogja, kalian bisa mempercayakan SCM Advertising Yogyakarta untuk desain dan produksi papan reklame. Kami memudahkan Anda untuk desain dan produksi papan reklame yang murah namun dengan kualitas yang baik. Percayakan semua kepada SCM Advertising, Anda bisa berkonsultasi dulu soal desain, bahan dan anggaran lewat DM disemua sosial media kami, maka team kami akan memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan promosi Anda.
Mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi, silahkan hubungi kami untuk informasi dan pemesanan papan reklame di Jogja.

Leave a Reply