Perbedaan Sticker Cutting dan Sticker Printing

perbedaan sticker cutting dan sticker printing

Ketika mendengar tentang mesin cutting sticker pastinya anda sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Selain sebagai media untuk menunjukan suatu label, komunitas dan lain sebagainya, sticker juga bisa ditempelkan di berbagai benda guna mempermudah untuk di baca oleh orang dan bisa membuatnya menjadi populer.

Dan saat ini, taukah anda bahwa dalam tahap pembuatan sticker itu ada dua cara, Yakni cutting sticker dan printing sticker. Lantas apa perbedaan dari kedua jenis sticker ini? Berikut dibawah ini kami paparkan guna menambah wawasan untuk anda.

Pengertian Cutting Sticker & Printing Sticker
Cutting sticker : Sticker yang dibuat dengan cara memotong. Atau bisa diartikan dengan teknik pemotongan bahan sticker dengan desain yang diinginkan menggunakan perangkat mesin cutting sticker dan komputer sebagai media desain.
Printing Sticker : Sticker printing yaitu stiker yang hasil pembuatanya seperti sebuah cetakan dokumen di kertas biasa.

Perbedaan Cutting Sticker & Printing Sticker

  • Desain
  • Cutting sticker: Untuk desain cutting sticker diharuskan bentuk vector atu garis saja dan hanya bisa untuk memotong oleh karena itu di sebut mesin cutting.
  • Printing sticker: Bisa dikatakan hampir semua format desain bisa masuk atau di proses dengan mesin printing sticker ini, semakin besar dimensi file maka semakin bagus juga hasil printingnya. Printing Sticker juga biasa disebut mesin plotter atau mesin outdoor.
  • Harga
  • Cutting sticker: harga untuk sticker ini memang sedikit mahal dikarenakan dalam proses pembuatan cutting ada yang menggunakan cara manual di beberapa pengerjaan. Pekerjaan manual yang harus dilakukan dalam proses pembuatan cetak cutting adalah proses mengelupas bagian sticker yang tidak penting, proses ini membutuhkan kejelian dan ketelatenan biayanya lebih tinggi.
  • Printing sticker: harga untuk sticker ini lebih murah jika dibanding dengan cutting sticker. Karena melihat proses cetak sticker yang lebih mudah hanya perlu menunggu sampai proses printing selesai dan finish.
  • Warna
  • Cutting sticker : terbatas untuk warna-warna yang solid (non gradasi) akan tetapi bisa disiasati dengan teknik puzzle, seperti menggunakan program Corel Trace, akan tetapi gambar harus dirapikan terlebih dahulu.
  • Printing sticker : Untuk printing sticker tidak ada masalah dalam proses warna, semua warna, gradasi warna dapat dicetak dengan printing. Jadi jika Anda ingin memilikinya dengan berbagai variasi warna sesuai dengan selera dan keinginan maka sebaiknya gunakan sticker printing.

Itulah sekilas informasi seputar perbedaan cutting sticker dan printing sticker yang dapat kami paparkan untuk anda. Namun, apabila Anda masih bingung, jangan ragu untuk menghubungi SCM Advertising untuk informasi lebih lanjut. Terimakasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply