Pengertian dan Jenis Videotron

Pengertian dan Jenis Videotron

Daftar Isi

Di dunia periklanan atau advertising, Videotron adalah salah satu bukti nyata perkembangan teknologi media iklan yang pesat. Layar besar yang bisa berdiri tegak di tengah pusat kota dan menampilkan foto bahkan video itulah yang disebut dengan videotron.

Tidak hanya di pinggir jalan atau di deretan gedung, videotron juga sering kali ditemui di dalam gedung. Kecanggihan itu yang membuat kita bertanya-tanya, bagaimana bisa layar dengan ukuran besar bisa berdiri tegak di pusat kota?

Gambar diambil dari Google
Gambar diambil dari Google

 

Apa Itu Videotron?

Videotron adalah sebuah panel layar yang menggunakan teknologi dari lampu LED dan berfungsi untuk menampilkan visual seperti video, foto, diagram, chart, dsb. Sebagai media advertising, videotron banyak ditemui menempel pada gedung-gedung, bahkan kini sudah banyak yang menggunakan videotron di kendaraan.

Banyak juga yang menganggap videotron ini sebagai baliho atau banner digital. Posisi videotron memang bisa dibilang mengancam beberapa media iklan printing, seperti banner, billboard, atau baliho. Karena, dari banyaknya media iklan kecanggihan videotron yang bisa menampilkan visual gerak menjadi keunggulan tersendiri.

Fakta menarik lainnya, penamaan videotron hanya dikenal di Indonesia saja. Di luar negeri sana, media iklan seperti videotron ini dikenal dengan nama LED Display.

Jenis Videotron

Terdapat banyak jenis videotron yang beredar. Videotron ini dibagi dalam beberapa kategori, yaitu sebagai berikut:

Berdasarkan proses pemasangan

Berdasarkan proses pemasangan, LED videotron dibagi menjadi 2. Pertama adalah LED untuk sewa atau mobile. LED sewa ini mudah untuk dibongkar pasang, biasanya digunakan dalam acara-acara besar dimana membutuhkan background panggung yang meriah seperti pada event internasional contohnya. Kedua adalah videotron untuk pemasangan tetap. Videotron ini biasanya ditancapkan dalam satu titik yang sama dalam jangka waktu yang lama. Contohnya bisa Anda lihat di dekat lampu merah di jalanan.

Berdasarkan warna lampu

Selanjutnya ada berdasarkan warna lampu, videotron dibagi menjadi single colour (satu warna), double colour (dua warna), dan full colour (tiga warna).

Sesuai namanya, single colour terdiri dari satu warna, umumnya berwarna merah. Sedangkan double colour, bisa berwarna dua hijau dan satu merah. Untuk full colour, biasanya terdiri dari satu warna merah, satu warna hijau, dan satu warna biru.

Berdasarkan lingkungan

Berdasarkan lingkungannya videotron dibedakan menjadi videotron indoor dan outdoor atau media luar ruangan. Hal yang membedakan videotron indoor dengan outdoor adalah tingkat perlindungan produk tersebut dan tingkat IP rate-nya.

Berdasarkan ukuran pitch

Terakhir, ada berdasarkan ukuran pitchnya. Ukuran pitch dibagi menjadi tiga bagian utama yaitu pitch besar, sedang, dan kecil. Pitch besar ukurannya di atas picth 10 mm, pitch sedang ukurannya berkisar antara 3-7 mm, sedangkan pitch kecil ukurannya antara 1,2 – 2,5 mm.

Bagaimana, sudah menentukan pilihan untuk memasang iklan videotron? Kalau sudah, untuk memudahkan Anda dalam beriklan dengan videotron, Anda dapat menghubungi SCM Advertising Yogyakarta untuk mewujudkan keinginan Anda menggunakan media promosi dengan videotron Jogja.

SCM Advertising menawarkan jasa videotron Jogja murah untuk Anda yang berada di Yogyakarta. Tidak perlu ragu lagi, segera hubungi SCM Advertising dan wujudkan videotron impian Anda.

Leave a Reply