Pengertian dan Ciri-Ciri Reklame

Gambar diambil dari Google
Gambar diambil dari Google

Pengertian Reklame

Apa yang dimaksud dengan reklame? Secara umum, pengertian reklame adalah suatu media atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, serta memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada khalayak dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Pendapat lain mengatakan pengertian reklame adalah suatu media visual yang memanfaatkan gambar dan tulisan yang diolah sedemikian rupa untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada masyarakat. Pembuatan reklame bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak tentang suatu barang, jasa, atau hal lain dengan cara yang menarik.

Secara etimologis, kata “reklame” diadaptasi dari bahasa Spanyol, yaitu “reclamos” yang artinya suatu seruan yang dilakukan berulang-ulang. Dengan kata lain, arti reklame adalah suatu tindakan mengajak orang lain secara berulang-ulang untuk mengikuti isi dari reklame tersebut.

Pengertian Reklame Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu reklame, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

Panji

Menurut Panji (1990: 120), pengertian reklame adalah setiap kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa atau hal lainnya dengan maksud untuk menarik perhatian khalayak ramai.

Barata

Menurut Barata (1988: 210), reklame adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menyampaikan informasi atau ide, barang, atau jasa, dengan maksud untuk menarik perhatian orang-orang terhadap ide, barang, atau jasa yang diinformasikan tersebut.

Kriyantono

Menurut Kriyantono pengertian reklame adalah bentuk komunikasi non personal yang memiliki tujuan untuk menyampaikan pesan dalam menjual suatu produk dan menjadikan konsumen membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.

Durianto

Menurut Durianto pengertian reklame adalah proses komunikasi dengan tujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan yang di reklamekan dan menjadi promosi untuk meningkatkan daya beli terhadap produk tersebut.

Bentuk yang sering Anda temukan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan adalah brosur, papan iklan, baliho, spanduk, poster, billboard, dsb. Itu bentuk fisik yang biasanya mengandung elemen visual, ada juga reklame audio visual yang sering Anda lihat di televisi.

Ciri-Ciri Reklame

Reklame memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan media promosi lainnya. Adapun ciri-ciri reklame adalah sebagai berikut:

  1. Singkat, Jelas, dan Mudah Dimengerti. Pada umumnya reklame menggunakan kalimat-kalimat yang singkat, jelas, dan mudah dimengerti masyarakat umum.
  2. Menarik dan Mencolok. Agar mendapat perhatian khalayak ramai, biasanya reklame dibuat dengan komposisi desain dan warna yang mencolok.
  3. Jujur. Dalam hal ini, pesan yang disampaikan dalam reklame harus jujur dan tidak dibuat-buat.
  4. Dilakukan Berulang-Ulang. Sesuai dengan definisinya, reklame biasanya disampaikan secara berulang-ulang sehingga lebih banyak masyarakat yang mengetahui pesan yang ingin disampaikan.

Unsur-unsur reklame di atas wajib ada jika Anda ingin membuatnya, berikan kesan menarik dengan menuangkan bumbu desain grafis, pesan ajakan yang mengundang perhatian serta terus ditayangkan berulang kali.

Itulah pembahasan mengenai pengertian dan ciri-ciri reklame yang penting untuk dipahami. Semoga pembahasan mengenai reklame dapat menambah wawasan Anda.

SCM Advertising Yogyakarta sudah terkenal handal dalam melayani jasa pembuatan segala jenis papan reklame Jogja, bahkan SCM Advertising juga menawarkan harga papan reklame jogja yang sangat murah dan terjangkau, dan yang paling penting memiliki mutu berkuaitas tinggi.

Leave a Reply