Pengertian Die Cut Sticker

Saat mendengar tentang istilah die cut sticker atau pun cutting sticker banyak dari kita yang sudah sering mendengarnya namun belum begitu mengetahui secara pasti tentang apa sebenarnya die cut sticker. Dan kelebihan apa yang mampu dimiliki oleh jenis stiker die cut dibandingkan dengan jenis stiker lainnya.

Berbeda dengan stiker-stiker biasanya, die cut sticker dapat berbentuk apa saja tergantung dengan desain stiker tersebut. Die cut sticker juga sering Kalian jumpai di kaca belakang mobil, badan sepeda motor, helm, sebagai dekorasi di dinding, atau di permukaan kaca etalase outlet-outlet baju, dan lain-lain.

Die cut sticker adalah jenis stiker yang terbuat dari vinyl dan dibuat dengan memotong di sekeliling cetakan sehingga memperoleh sebuah desain stiker yang rapi dan tanpa background (latar belakang).

Proses pembuatan die cut sticker memerlukan sebuah mesin pemotong khusus yang bisa bekerja dengan mengikuti bentuk cetakan (die/ mold) untuk memotong stiker sehingga terbentuk sesuai dengan cetakan tersebut.

Die cut sticker terdiri dari tiga lapisan. Lapisan pertama adalah lapisan pelindung stiker yang transparan / clear. Lapisan kedua adalah stiker vinyl itu sendiri. Dan lapisan terakhir adalah lapisan back liner stiker.

Cara menerapkan cutting sticker dan die cut sticker ini sebenarnya cukup mudah, hanya perlu sedikit ketelatenan agar menempelkan satu persatu bagian stiker tanpa tergesa-gesa. Pertama-tama buka lapisan pelindung stiker, lalu tempatkan stiker pada permukaan yang diinginkan. Tekan stiker pada permukaan dengan perlahan sambil menggosok bagian back liner stiker yang masih menempel menggunakan penggaris atau pun kartu kredit, lalu buka bagian back liner stiker sehingga tersisa hanya stiker yang sudah tertempel dengan rapi.

Keunggulan die cut stiker sangat banyak. Stiker ini bisa dibentuk apakah saja sesuai dengan desain dan konsep yang diinginkan, dan sangat tahan terhadap cuaca extrem. Bahan vinyl yang dapat digunakan juga tahan air (waterproof) sehingga cutting sticker bisa tahan lebih lama daripada jenis stiker biasa.

Leave a Reply