Perbedaan Neon Box Akrilik dan Neon Box Backlite

Neon box akrilik emboss BCA Yogyakarta
Neon Box Akrilik Emboss BCA Yogyakarta

Perbedaan Neon Box Akrilik dan Neon Box Backlite

Neon Box merupakan salah satu media promosi yang lagi ngetrend untuk mengenalkan, iklan, icon, branding untuk bisnis, baik perusahaan, resto, cafe, mall, pertokoan, instansi dan masih banyak lagi. Hampir semua usaha sekarang menggunakan neon box, karena tampilan yang menarik dan modern. Sedangkan neon box ada beberapa macam visualnya, yang akan kita bahas berikut adalah visual neon box akrilik dan backlite. Ada yang tahu perbedaan kedua nya apa? Daripada bingung langsung saja kita simak artikel berikut.

Neon Box Akrilik

Surface pada neonbox jenis ini menggunakan bahan dari akrilik dengan ketebalan bahan bervariasi dari 2mm – 5mm. Pencetakan huruf/logo menggunakan sticker cutting ataupun bisa juga dengan cara airbrush. Untuk karakter dari neon box akrilik dapat dilihat seperti gabungan antara plastik dengan kaca. Sedangkan ciri khas neon box akrilik ini adalah sifat plastik yang lentur dan bahannya yang kuat, dengan sifat kaca yang tidak tembus cahaya.

Dengan menggunakan neon box akrilik tidak mudah mengakibatkan pecah pada media iklan tersebut. Aplikasi desain bisa dengan printing atau sticker vinyl (cutting sticker). Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Teknik printing di atas bahan akrilik kurang begitu populer. Pertama karena harganya lumayan mahal, kedua, daya tahannya tidak terlalu baik.

Setelah 6 bulan, warna cetakan biasanya sudah mulai memudar. Bandingkan dengan daya tahan sticker vinyl yang bisa mencapai 5-7 tahun! Tapi kelemahannya, hanya bisa diaplikasikan dengan desain yang terbatas. Misalnya berupa teks saja atau grafis yang sangat sederhana. Sedangkan kalau teknik printing bisa mengaplikasikan desain yang kompleks seperti gambar atau foto.

Keunggulan Neon Box Akrilik

  1. Daya tahan lebih lama
  2. Surface mengkilap
  3. Kelihatan lebih elegan dan kokoh
  4. Jika dengan blok warna, hasil akan lebih tajam

Kelemahan Neon Box Akrilik

  1. Ukuran lebar/tinggi papan terbatas. Umumnya maksimal 120 – 150 cm (lebar akrilik) dan untuk panjang maksimal 240 cm (panjang akrilik)
  2. Jika ukuran lebih dari diatas akan dilakukan penyambungan, hal ini akan kelihatan bergaris-garis pada sambungan.
  3. Umumnya tidak bisa di buat cetakan full color (Photo /Image)
  4. Harga relatif lebih mahal dari menggunakan surface vinyl
Neon box Berkah Emas Yogyakarta
Neon Box Berkah Emas Yogyakarta

Neon Box Backlite

Neon box jenis ini menggunakan backlite dengan frontlite/vinyl digital printing. Untuk kelebihan dengan menggunakan media iklan ini, dapat mencetak dengan full color dengan desain sesuai permintaan pembeli tanpa batasan warna. Pemasangan yang dilakukan cukup mudah dengan memantek visual ke rangka signboard. Sehingga tidak diperlukan penyangga dengan akrilik dan berat dari neon box pun tidak berlebihan.

Bahan backlite ada yang memiliki 1 sisi dan 2 sisi. Gambar yang dicetak dengan arah yang berlawanan dan menggunakan printer large format outdoor, yang memiliki kemampuan cetak HI-Resolution. Neon box yang menggunakan teknik printer large format outdoor contohnya seperti billboard yang terdapat di pinggir jalanan.

Demikian beberapa informasi terkait perbedaan neon box akrilik dan neon box backlite yang bisa digunakan untuk media promosi toko maupun tempat Anda membuka usaha. Dengan menggunakan media neon box Jogja maka usaha yang Anda jalani pasti akan lebih dikenal banyak orang dan membuat usaha Anda dikunjungi konsumen baru.

Berniat produksi neon box di Jogja? SCM Advertising Yogyakarta menyediakan pembuatan neon box jogja murah yang berkualitas untuk kebutuhan promosi Anda. Silahkan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply