Jenis-Jenis Papan Reklame

Baliho Dafam Yogyakarta
Baliho Dafam Yogyakarta

Papan reklame merupakan salah satu media luar ruang atau outdoor yang memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah pesan tertentu, mengenai suatu produk atau jasa bahkan individu-individu yang ingin menaikkan popularitas. Reklame dibuat semenarik mungkin agar banyak yang penasaran. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan pengaruh publik untuk menggunakan, mengkonsumsi, atau mengikuti reklame yang dilihat. Ada banyak jenis-jenis papan reklame, yang biasanya dibagi berdasarkan pada tujuannya, sifatnya, serta penggunaan medianya.

Reklame juga bertujuan untuk membangun brand produk dari sebuah perusahaan agar melekat pada calon konsumen. Di Indonesia sendiri reklame diatur sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda). Dikarenakan pengadaan reklame berkaitan dengan ruang publik. Perda mengaturnya agar pihak terkait, seperti penyelenggara reklame maupun biro reklame (perusahaan jasa periklanan), dapat memasang papan reklame dengan tertib tanpa mengganggu kepentingan publik lainnya.

Jika Anda memiliki sebuah produk yang ingin dipasarkan supaya lebih dikenal oleh khalayak ramai, maka Anda memerlukan sebuah iklan. Anda bisa meminta bantuan dari jasa reklame Jogja untuk membantu membuatkan sebuah papan reklame di Jogja yang menarik untuk promosi produk Anda. Apalagi di masa saat ini banyak pebisnis yang bersaing menjual produk mereka dengan cara memasang iklan semenarik mungkin, agar mendapat perhatian dari masyarakat lalu tertarik dengan produk yang dijualnya.

Ciri-Ciri Reklame

Dalam hal pembuatannya, reklame harus memiliki berbagai unsur maupun ciri tertentu agar dapat disebut sebagai reklame. Ciri-ciri dari reklame tersebut ialah sebagai berikut:

  • Isi yang terkandung dalam reklame haruslah singkat, padat, dan jelas. Sehingga akan lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh masyarakat yang melihat dan membaca reklame tersebut.
  • Reklame haruslah menarik dan mencolok dalam segi desainnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menempatkan gambar, penebalan font, atau hal lainnya untuk menarik perhatian orang yang melihatnya. Selain itu juga dapat berbentuk visual seperti papan iklan maupun billboard.
  • Dalam pembuatan reklame harus jujur. Maksudnya ialah produk maupun sesuatu hal yang lainnya harus bisa diinformasikan secara jujur dan bisa dibuktikan kebenarannya, sehingga akan memberikan kepuasan tersendiri pada konsumen.
  • Dilakukan berulang secara terus-menerus, tujuan utamanya agar dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli barang tersebut. Selain itu juga akan membuat semakin banyak masyarakat yang paham atas himbauan yang sudah diberikan pada reklame tersebut.

Berbagai unsur dari reklame tersebut wajib dipenuhi, apabila Anda tertarik untuk membuatnya. Pastikan Anda memberikan kesan yang menarik dengan cara menuangkan berbagai bumbu desain grafis, serta ajakan yang mampu mengundang perhatian khalayak ramai. Selain itu juga harus dapat diinformasikan secara terus-menerus, pilihlah kata atau gambar yang informatif agar mudah dipahami oleh konsumen.

 

Jenis-Jenis Reklame Yang Perlu Diketahui

Ada banyak jenis-jenis papan reklame, yang biasanya dibagi berdasarkan pada tujuannya, sifatnya, serta penggunaan medianya. Berikut di bawah ini penjelasannya.

Jenis Reklame Berdasarkan Tujuan Pembuatan

Ada 2 jenis reklame berdasarkan tujuan pembuatannya, yakni reklame komersial dan reklame non komersial.

  • Reklame Komersial

Reklame komersial merupakan salah satu jenis reklame yang dibuat untuk suatu kepentingan bisnis. Tujuannya sudah pasti untuk memperoleh peningkatan penjualan dari sebuah produk. Selain itu juga untuk menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi lagi dari penjualan sebelumnya. Contoh dari reklame komersial seperti poster, spanduk, baliho, dan yang lainnya.

  • Reklame Non Komersial

Reklame non komersial merupakan salah satu jenis reklame yang digunakan untuk keperluan non komersial, misalnya saja seperti mengajak, menghimbau, atau menyampaikan informasi tertentu agar seseorang mau mengikuti pesan yang disampaikan. Contoh dari reklame non komersial seperti himbauan untuk menaati protokol kesehatan, taat pajak, donor darah, tertib lalu lintas, dan lain sebagainya.

Jenis Reklame Berdasarkan Sifatnya

Ada 3 jenis reklame berdasarkan sifatnya, yakni reklame penerangan, reklame peringatan, dan reklame ajakan atau permintaan.

  • Reklame Penerangan

Reklame penerangan merupakan salah satu jenis reklame yang sifatnya lebih informatif. Maksudnya adalah reklame jenis ini memberikan informasi penting kepada masyarakat. Contoh dari reklame penerangan ialah sebuah reklame yang berisi mengenai penjelasan tentang penyakit, dan lain sebagainya.

  • Reklame Peringatan

Reklame peringatan merupakan salah satu jenis reklame yang memiliki unsur peringatan atau mengingatkan pada masyarakat pengguna jalan melalui gambar reklame yang mencolok. Contoh dari reklame peringatan ialah reklame yang berisi peringatan untuk selalu menaati rambu lalu lintas yang ada, membayar pajak tepat waktu, dan yang lainnya.

  • Reklame Ajakan atau Permintaan

Reklame ajakan atau permintaan merupakan salah satu jenis reklame yang memiliki unsur ajakan atau meminta kepada banyak orang untuk bersedia mengikuti suatu ajakan. Selain itu juga mengajak pihak masyarakat untuk turut peduli dengan sesamanya melalui gambar reklame yang menarik. Contoh dari reklame ajakan atau permintaan ialah reklame yang berisi tentang ajakan untuk berdonasi kepada korban bencana alam, kemudian ajakan untuk menggunakan masker, ajakan untuk mematuhi protol kesehatan pada masa pandemi, dan lain sebagainya.

Jenis Reklame Berdasarkan Penggunaan Medianya

Ada 3 jenis reklame berdasarkan penggunaan medianya, yakni reklame audio, reklame audio visual, dan reklame visual.

  • Reklame Audio

Reklame audio merupakan salah satu jenis reklame yang disampaikan melalui suara. Penyampaian tersebut disampaikan secara langsung maupun tidak langsung. Contoh dari reklame audio misalnya saja seperti, iklan di radio, iklan di Joox maupun iklan audio di Spotify.

  • Reklame Audio Visual

Reklame audio visual merupakan salah satu jenis reklame yang disampaikan dalam bentuk gambar dan suara. Contoh dari reklame audio visual misalnya saja seperti, iklan di website, iklan di TV, iklan di YouTube, iklan di film/bioskop, dan lain sebagainya.

  • Reklame Visual

Reklame visual merupakan salah satu jenis reklame yang dapat dilihat dengan visual. Biasanya reklame ini dibagikan di tempat umum atau bisa dilihat di pinggir jalan. Contoh dari reklame visual misalnya saja seperti, baliho, brosur, poster, spanduk, leaflet dan lain sebagainya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis-jenis papan reklame berdasarkan tujuan, sifat, serta penggunaan medianya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar tips membuat desain papan nama atau informasi lainnya yang dapat Anda akses diwebsite SCM Advertising Yogyakarta.

SCM Advertising Yogyakarta sudah terkenal handal dalam melayani jasa pembuatan segala jenis papan reklame Jogja, bahkan SCM Advertising juga menawarkan harga papan reklame jogja yang sangat murah dan terjangkau, dan yang paling penting memiliki mutu berkuaitas tinggi.

Leave a Reply