Kelebihan dan Kekurangan Huruf Timbul Kayu

Gambar diambil dari Google
Gambar diambil dari Google

Huruf timbul merupakan media iklan yang kini sudah sangat lazim digunakan. Huruf timbul banyak dijumpai di jajaran perkotoan, pusat-pusat perbelanjaan seperti mall maupun diberbagai restoran dan cafe modern.

Huruf timbul biasa digunakan sebagai penanda toko agar mudah dikenali oleh masyarakat. Diantara berbagai material penyusun huruf timbul ada salah satu yang terbuat dari kayu. Huruf timbul kayu memiliki kesan yang berbeda dibandingkan huruf timbul yang terbuat dari material lainnya. Berbagai jenis usaha memilih jenis huruf timbul karena berbagai alasan dan pertimbangan.

Apabila Anda juga tertarik untuk menggunakan huruf timbul kayu di Jogja, maka ketahui dulu apa saja kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan dan Kekurangan Huruf Timbul Kayu

Tiap hal tentu punya sisi positif dan negatif, begitu pula dengan huruf timbul kayu. Guna mengetahui lebih detail tentang jenis bahan ini simak beberapa kelebihan serta kekurangan huruf timbul dari kayu berikut:

Kelebihan

Lebih artistik

Material kayu memberikan kesan yang lebih alami dan hidup. Bahan kayu ini memang dapat memberikan kesan lebih artistik dibandingkan bahan lain yang lebih kaku. Kayu yang digunakan untuk bahan huruf timbul bisa digunakan begitu saja dengan warna alami kayu ataupun dicat dengan warna tertentu sesuai keinginan.

Cocok untuk desain rustic atau desain tertentu

Ada banyak toko atau cafe yang mengusung tema tertentu untuk desain interior maupun eksteriornya. Tentunya material yang digunakan dalam penyusunannya perlu disesuaikan. Pada ruangan ataupun desain bangunan luar dengan tema rustic jenis huruf timbul kayu merupakan yang paling sesuai. Penggunaan huruf kayu ini akan menambah kesan lebih menyatu dengan keseluruhan tema yang diusung.

Bahan mudah didapatkan

Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk membuat huruf timbul. Bahan kayu relatif mudah didapatkan dan mudah juga untuk diolah. Mengolah dan membentuk kayu jauh lebih mudah dibandingkan bahan lain seperti stainless steel dan kuninga misalnya.

Kekurangan

Rawan lapuk

Sebagai bahan alami kayu pun memiliki beberapa kekurangan, yang pertama adalah rawan lapuk. Semakin bagus kualitas kayunya maka akan dapat bertahan lebih lama sebelum kayu mulai lapuk dan usang. Kayu ini bisa lapuk karena berbagai hal mulai dari terlalu sering terpapar udara panas dan hujan hingga karena adanya gangguan serangga atau hama. Oleh karenanya dibutuhkan penanganan khusus supaya kayu bisa bertahan lebih lama seprti contohnya mempelitur kayu ataupun melapisinya dengan lapisan anti rayap.

Bisa berubah warna

Kayu juga bisa berubah warna setelah beberapa waktu penggunaan. Perubahan warna ini semakin cepat terjadi jika huruf kayu ini terpapar langsung oleh sinar matahari setiap harinya.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan penggunaan huruf timbul kayu. Ada nilai positif dan negatif yang bisa diperoleh. Tapi apabila Anda mampu mengantisipasi kekurangan-kekurangan tadi maka penggunaan huruf timbul dari bahan kayu ini tidak akan menjadi masalah. Tertarik untuk membuat letter timbul kayu di Jogja? Hubungi SCM Advertising Yogyakarta untuk mendapatkan informasi dan penawaran seputar huruf timbul jogja murah dan berkualitas.

Leave a Reply