Konstruksi Papan Reklame Billboard

Konstruksi Papan Reklame Billboard

Penasaran gak sih, dengan ukuran billboard yang sering kita jumpai di pusat kota atau di keramaian? Bagaimana bisa konstruksi billboard dengan ukuran yang terbilang besar berdiri tegak dipinggir jalan? Nah, kali ini kita akan membahas tuntas tentang konstruksi dan ukuran billboard sebagai media promosi berukuran besar.

Membuat konstruksi billboard pasti membutuhkan perhitungan yang sangat matang. Apalagi kita tahu bahwa ukuran billboard sangat besar. Jadi, segala unsurnya pasti diperhatikan sekali, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingankan.

Konstruksi Billboard

Pada umumnya, billboard adalah media promosi dengan ukuran besar yang sering kali kita temui di pinggir jalan dan dibeberapa sudut jalan yang ramai dilalui kendaraan. Tak dipungkiri juga, fungsi billboard sebagai media promosi dan informasi sangat efektif.

Mengapa? ukuran billboard yang besar dengan mudah terlihat setiap kendaraan yang lewat. Apalagi di kota besar yang terkenal macet, kendaraan yang berhenti otomatis akan melirik billboard.

Seperti yang kita ketahui, bahwa untuk membuat sesuatu yang awet dan besar diperlukan material yang berkualitas baik dan konstruksi yang kuat. Sama halnya dengan membangun sebuah konstruksi billboard besar.

Material seperti besi holo, besi siku, plat alumunium, dan pipa besi harus diperhatikan baik-baik kualitasnya. Ukuran material juga disesuaikan dengan ukuran billboard yang akan dibangun. Hal tersebut agar konstruksi billboard bisa tahan dari berbagai cuaca.

Spesifikasi Konstruksi Ukuran Billboard

Konstruksi dan Ukuran Billboard
Konstruksi dan Ukuran Billboard

Kali ini kita akan membahas spesifikasi konstruksi ukuran billboard yang termasuk salah satu media iklan dengan ukuran besar. Dalam membuat konstruksi billboard kita harus meperhatikan seluruh bagian konstruksi, mulai dari pondasi hingga ke plat finishingnya.

Dimulai dari pondasi, beton ditanamkan ke dalam tanah sedalam 1-3meter yang disesuaikan dengan besar ukuran billboardnya. Kepadatan betonnya harus diperhatikan baik-baik, agar kuat menopang ukuran billboard.

Ukuran Billboard

Di dunia reklame, ukuran billboard yang sering digunakan adalah 4X8m, 5X10m, 6X12m, dan 8X16m. Ukuran tersebut adalah ukuran billboard pada umumnya.

Selain itu, untuk papan reklame yang juga kerap kali ditemukan di pinggir jalan, memiliki ukuran 4×6m. Namun, papan reklame tersebut tidak bisa disebut sebagai billboard, melainkan disebut baliho. Hal tersebut sudah menjadi kesepakatan di dunia bisnis periklanan billboard.

Ukuran Penerangan Billboard

Dilihat dari segi penerangan juga terdapat ukurannya, tujuannya agar penerangan billboard dapat tersampaikan dengan baik. Penerangan billboard ini dibagi dalam 2 tipe, yaitu:

  • Billboard tipe frontlite, yaitu penerangan dari depan visual atau gambar yang menggunakan beberapa lampu kurang lebih 400 watt per lampu.
  • Billboard tipe backlite, yaitu penerangan dari belakang gambar atau visual dengan menggunakan beberapa lampu sorot backlite kurang lebih150 watt per lampu. Bedanya dengan tipe frontlite, tipe backlite lampu sorotnya berada di dalam kerangka kotak konstruksi billboardnya, seperti halnya lampu pada neon box.

Untuk kedua tipe billboard tersebut visual atau MMT yang digunakan berbeda satu sama lain, yaitu MMT frontlite dan MMT khusus backlite.

Spesifikasi konstruksi Billboard

Spesifikasi konstruksi billboard dibagi ke dalam 5 bagian, yaitu:

Bidang Board atau panelboard

Bidang board ini sebagai panel peletakan visual MMT, spesifikasinya:

  • Bahan dasar plat alumunium 1,2 mm
  • Rangka board besi stall atau hollo 30/30 mm
  • Cat dan menie

Bidang Konstruksi atau kerangka konstruksi

  • Besi siku ukuran 40/40

Tiang Konstruksi

  • Besi pipa dengan diameter 16”

Pondasi

  • Pondasi beton bertulang

Lampu Frontlite

  • Lampu merek SLAST 400 watt dan sejenisnya

Gambaran Konstruksi dan Ukuran Billboard

Billboard sebagai media iklan yang sering ditemui dipinggir jalan memiliki dua jenis bentuk ukuran secara umum, yaitu vertikal dan horizontal. Berikut ini contoh gambaran konstruksi ukuran billboard sesuai dengan jenisnya tersebut.

Contoh kontruksi ukuran billboard 5m x 10m x 2 sisi vertical

Kostruksi Billboard Vertikal 2 Sisi
Kostruksi Billboard Vertikal 2 Sisi

Ini salah satu gambaran konstruksi billboard dengan ukuran 5m x 10m x 2 sisi secara vertical. Terlihat tampak depan dan tampak sampingnya, sesuai dengan spesifikasi yang telah disebutkan sebelumnya.

Contoh konstruksi ukuran billboard backlite (light box) 5m x 10m x 1 sisi horizontal

Konstruksi Light Box Horisontal 1 Sisi
Konstruksi Light Box Horisontal 1 Sisi

Ini gambaran konstruksi ukuran billboard dengan bentuk horizontal. Terlihat perbedaan konstruksi billboard vertikal dan horizontal. Ukuran billboard tetap sama, hanya saja pada jenis billboard horizontal ini hanya 1 sisi saja dan tipe lampunya yang berbeda antara horizontal dan vertikal.

Media iklan luar ruangan seperti billboard, baliho, atau papan reklame ini memiliki ukuran yang berbeda-beda. Namun, kini Anda sudah mendapatkan sedikit penjelasan tentang kontruksi dan ukuran billboard.

Jadi, tak perlu bingung menentukan media iklan apa yang cocok untuk produk atau jasa yang Anda butuhkan. Untuk memudahkan Anda berkonsultasi mengenai ukuran billboard yang Anda butuhkan, Anda dapat menghubungi SCM Advertising Yogyakarta untuk mendapatkan harga yang negotiable.

SCM Advertising menawarkan jasa pemasangan dan kosultasi ukuran billboard Yogyakarta murah untuk Anda yang berada di Yogyakarta. Segera hubungi SCM Advertising Yogyakarta dan wujudkan billboard impianmu bersama kami.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai konstruksi papan reklame billboard Yogyakarta. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar tips produksi neon box akrilik murah Yogyakarta atau informasi lainnya yang dapat Anda akses di website SCM Advertising Yogyakarta.

Leave a Reply